Agar Mudik Aman dan Nyaman? Ikuti Petunjuk Ini

Setiap bulan ramadhan jejalanan mulai diramaikan dengan jalur mudik keberbagai wilayah di Indonesia khususnya Jawa. Banyak orang yang memilih pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga.

Transportasi yang digunakan untuk mudik bermacam-macam bentuk, ada yang menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan bus. Ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi mulai dari sepeda hingga mobil.

Jika anda salah satu orang yang akan melakukan mudik perlu mengetahui kira-kira apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat mudik.

Periksa Kendaraan Sebelum Berangkat

Hal penting sebelum berangkat mudik anda harus yakin jika kondisi transportasi yang akan anda gunakan bagus, jika tidak yakin maka segera perbaiki dan periksa kendaraan agar siap untuk mudik. Dengan mempersiapkan kondisi transportasi maka anda tidak akan mendapatkan masalah di tengah perjalanan.

Pastikan Surat Kendaraan Lengkap

Surat kelengkapan transportasi adalah hal paling urgent yang harus dipersiapkan. Jika anda bermasalah dengan surat-surat mobil atau transportasi lainnya maka anda bisa saja akan berhubungan dengan pihak kepolisian.

Siapkan Alat Otomotif

Walaupun sebelum keberangkatan sudah dicek dan diperbaiki di bengkel, namun anda juga harus membawa peralatan sendiri jika seandainya saja di tengah perjalanan anda membutuhkan alat-alat tersebut.

Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat mudik pastikan untuk beristirahat dengan nyaman terlebih dahulu. Hal ini disebabkan membawa transportasi pribadi sangat berbeda saat menggunakan transportasi umum.

Gunakan Pakaian Paling Nyaman

Perjalanan mudik biasanya dilakukan hingga berjam-jam., oleh sebab itu pastikan memilih baju yang nyaman untuk digunakan. Hindari juga pakaian yang ketat dan membuat susah bergerak. Anda bisa memilih baju-baju kasual seperti kaos, celana katun, jaket dan lainnya.

Jangan Merokok di dalam Mobil

Sangat dilarang untuk merokok di dalam mobil, karena bau rokok pasti akan tertinggal di dalamnya. Membuat penumpang sesak nafas dengan bau rokok yang sangat menyengat.

Jangan Lupa Bawa Makanan

Perjalanan mudik rata-rata membutuhkan jarak dan waktu yang lama, oleh sebab itu membawa bekal makanan yang tahan lama bisa menjadi solusi yang bagus. Bekal ini sangat cocok digunakan oleh semua orang yang menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Jika Lelah Segera Berhenti

Saat musim mudik tiba maka ada banyak sekali tempat istirahat yang tersebar dibeberapa kota, bahkan sepanjang jalan utara maupun selatan Jawa memiliki tempat istirahat yang nyaman digunakan. Jika lelah selama perjalanan segera hentikan motor dan cari tempat istirahat ternyaman.

Dan paling penting sebelum mudik pastikan semua barang sudah disiapkan semua, jangan lupa juga membawa peta untuk mengatasi jika maps pada handphone tidak memiliki signal yang cukup. Demikian hal-hal yang perlu anda lakukan agar mudik aman dan nyaman sampai tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *