Apa Saja Tugas Seorang Satpam Sebagai Petugas Keamanan?

Profesi petugas keamanan atau satpam sering kali disalah pahami. Padahal, tugas seorang satpam tak hanya sebatas berdiri dan mengawasi. Untuk lebih memahami apa tugas atau tanggung jawab jasa satpam Indonesia, Anda bisa simak dulu artikel di bawah ini.

Apa yang Dilakukan Seorang Satpam?

Satpam yang terlatih seperti yang tersedia lewat jasa satpam Indonesia punya banyak tanggung jawab, mulai dari berpatroli hingga membuat laporan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca ulasannya berikut ini.

Berinteraksi dengan pelanggan

Ketika Anda memasuki kawasan gedung perkantoran atau tempat komersial lainnya seperti mal dan pusat perbelanjaan, bisa dipastikan bahwa satpam jadi orang pertama yang Anda temui, kan? Maka dari itu, seorang satpam di zaman sekarang juga harus mampu berinteraksi dengan ramah dan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan atau pengunjung.

Tak jarang, satpam juga memiliki fungsi ganda sebagai seorang resepsionis di mana ia membantu dan mengarahkan pengunjung ke area tertentu dalam sebuah bangunan sesuai keperluan pengunjung tersebut. Untuk peran ini biasanya bisa Anda temukan pada satpam bank.

Berpatroli

Tugas dan tanggung jawab satpam yang satu ini tentunya sudah tak lagi asing bagi Anda. Seorang satpam sering kali diharuskan untuk berpatroli mengelilingi sebuah lokasi atau bangunan untuk memastikan bahwa segalanya berjalan sebagaimana mestinya dan situasinya aman.

Saat berpatroli, satpam bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau dengan menaiki kendaraan, tergantung pada ukuran atau luas lokasinya. Saat berpatroli, satpam bisa jadi memergoki penyusup yang sedang beraksi – meski begitu, keberadaan satpam sendiri idealnya sudah cukup untuk membuat orang-orang dengan niat buruk membatalkan niatnya tersebut.

Memberikan rasa tenang

Kalau bagi oknum tak bertanggung jawab keberadaan satpam menimbulkan rasa takut, lain halnya dengan tamu, pengunjung, pelanggan, atau bahkan staf maupun karyawan. Soalnya, di sini keberadaan satpam justru bisa memberikan rasa tenang.

Sebab, mereka tahu bahwa ada personel keamanan terlatih yang bisa diandalkan apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dengan begitu, mereka pun bisa beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

Membuat laporan

Seorang satpam juga memiliki tugas untuk memberikan laporan, baik itu ketika terjadi insiden atau hal-hal yang tak diinginkan, maupun saat tidak terjadi hal-hal luar biasa sekalipun.

Dalam kondisi di mana terjadi suatu insiden yang harus dihadapi seorang satpam, laporan ini akan dapat membantu tim keamanan dalam merencanakan tindakan pencegahan dan antisipasi di masa depan apabila insiden serupa harus terjadi kembali.

Pada dasarnya, keberadaan seorang satpam atau petugas keamanan memang memainkan peran besar dalam menjaga keamanan aset hingga orang-orang yang beraktivitas di dalam atau di sekitarnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.