Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Innova Terendam Banjir?

Banjir memang menjadi bencana yang paling sering ditakuti oleh para pemilik mobil. Mobil-mobil sejuta umat seperti Innova bahkan sering sekali terjebak banjir ibu kota meskipun ukurannya bisa dikatakan cukup besar. Jika sudah seperti ini maka mau tidak mau Anda harus rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Pertolongan pertama saat mobil terendam air

Meski kerap terjebak banjir, tapi mobil Innova tetap menjadi mobil favorit Hal ini dikarenakan harga Innova yang cukup terjangkau. Selain itu, ukurannya yang besar membuatnya cocok sebagai mobil keluarga. Namun, bagaimana jika mobil tersebut terendam banjir? Apa saja yang harus dilakukan agar mobil tidak semakin rusak? Berikut beberapa caranya.

1. Jangan menyalakan mobil

Anda mungkin akan tergoda untuk segera menyalakan mobil untuk mengecek apakah mobil masih berfungsi atau tidak. Namun, jangan sekali-kali melakukan hal tersebut terutama jika banjir sudah surut. Ada baiknya jika Anda menunggu beberapa hari hingga mobil benar-benar kering agar tidak merusak mesin kendaraan.

2. Periksa sistem kelistrikan mobil

Jika Innova Anda terlihat baik-baik saja maka selanjutnya adalah memeriksa sistem kelistrikan mobil terutama bagian Electronic Control Unit (ECU). Bagian ini sangat penting karena bisa dikatakan sebagai pusat kendali dari sebuah mobil.

Jika ternyata bagian ini rusak atau basah dan terkena lumpur maka sebaiknya Anda segera membawanya ke bengkel. Jangan pernah menstarter mobil jika kondisi ECU tampak basah karena komponennya bisa rusak terbakar.

Perlu dicatat jika memeriksa sistem kelistrikan mobil merupakan hal yang cukup berbahaya terutama setelah banjir. Oleh sebab itu, saat memeriksa bagian tersebut pastikan kondisi tubuh Anda sedang kering dan jangan lupa untuk menggunakan pelindung seperti alas kaki dan sarung tangan karet.

3. Cek filter udara dan ketersediaan oli

Jika ada air yang masuk ke filter udara mobil maka Anda sebaiknya jangan pernah coba menghidupkan mobil tersebut. anda masih bisa mengecek apakah oli mesin bercampur dengan air atau tidak.

Setelah itu,lakukan hal yang sama untuk oli transmisi serta oli gardan untuk meminimalisir risiko kerusakan. Namun, untuk masalah filter udara sebaiknya Anda serahkan kepada para profesional di bengkel resmi Toyota.

4. Cek ban secara menyeluruh

Terkadang, banjir datang tidak hanya membawa air tapi juga sampah yang cukup besar. Ketika banjir surut, sebagian sampah-sampah tersebut tetap tersangkut di mobil terutama di bagian ban. oleh sebab itu, ketika banjir surut sebaiknya bersihkan sampah dan kotoran yang ada di sekitar mobil agar tidak menghalangi mobil saat berjalan.

Selain itu, bagian alternator juga perlu dicek saat banjir surut, bagian ini terletak di bagian bawah kendaraan sehingga cukup rawan jika terkena air. Jika Anda tidak bisa mengecek atau memperbaikinya sendiri maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperiksa.

5. Cek bagian interior

Saat banjir, bagian interior kadang ikut terendam air. Hal ini tentu cukup berbahaya mengingat bagian dalam mobil sebenarnya cukup rawan terhadap air. Selain itu, air yang masuk jelas akan memicu timbulnya berbagai jamur dan sejenisnya dengan cepat.

Jika hal ini terjadi maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka jendela lalu mengeluarkan air yang ada di dalam mobil. setelah itu, cuci semua komponen yang basah atau kotor terutama di bagian kursi,karpet, pintu, dan sebagainya.

Pentingnya asuransi untuk mobil

Kerusakan mobil yang disebabkan oleh banjir memang sering sekali terjadi. Bahkan, tidak jarang kerusakan yang ditimbulkan cukup berat sehingga memakan biaya yang tidak sedikit. Mengingat hal tersebut, maka tidak heran jika banyak pemilik mobil yang memiliki asuransi khusus untuk banjir.

Sesuai namanya, asuransi seperti ini memang dikhususkan untuk melindungi kendaraan dari kerugian yang disebabkan oleh banjir. Asuransi semacam ini sudah cukup umum ditemukan di kota-kota seperti Jakarta dan sekitarnya yang notabene menjadi salah satu kota langganan banjir yang parah.

Dengan adanya asuransi tersebut, Anda tidak perlu khawatir jika mobil Innova rusak setiap banjir melanda. Selain itu, saat ini sudah banyak pihak yang menyediakan asuransi semacam ini dengan premi yang terjangkau. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan berbagai promo menarik bagi para nasabah baru.

Sayangnya, asuransi semacam biasanya tidak ditawarkan kepada semua calon pembeli kendaraan seperti Innova. Artinya, jika Anda kredit Innova atau membeli secara cash maka Anda harus mendaftar asuransi banjir untuk mobil sendiri. Asuransi yang biasanya ditawarkan pihak dealer biasanya hanyalah asuransi kehilangan atau kerusakan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *