Bahaya Menggunakan Botol Air Minum Setiap Hari tanpa Dicuci Lagi

Banyak sekali langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Meskipun sulit, tapi hal ini penting sekali demi mewujudkan kondisi fisik tubuh sehat dan bugar, misalnya seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, hidup bersih, dan yang paling utama minum banyak air putih.

Sudah menjadi wawasan umum bila manusia harus minum air putih 8 gelas setiap harinya, hanya saja masyarakat saat ini memiliki aktivitas sangat padat hingga akhirnya diharuskan untuk membawa air minum setiap hari.

Contohnya saja seperti dengan membawa air minum pada botol plastic kemana saja kamu pergi supaya kebutuhan cairan dapat terpenuhi. Hanya saja sering sekali ada kebiasaan buruk yang selalu dilakukan masyarakat, yaitu sering menggunakan botol plastic setiap hari BERTURUT-TURUT TANPA DICUCI KEMBALI.

Apakah Anda Termasuk Orang yang Sering Menggunakan Botol Plastik tanpa Mencucinya Setiap Selesai Pakai?

Bagi anda yang memiliki kebiasaan ini, maka anda harus segera menghentikannya. Sering sekali masyarakat tidak mencuci botol minum setelah digunakan karena merasa masih bersih. Padahal tahukah kamu setiap kali kamu tidak mencuci botol minum, botol tersebut menjadi sarang bakteri berbahaya seperti E.coli.

Malas mencuci botol seusai dipakai sangat membahayakan kesehatan karena menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

Baketri E.coli sendiri bisa menyebabkan infeksi usus dengan gejalanya seperti mual, muntah, dan diare. Selain itu ada juga munculnya bakteri coccus gram positif yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan darah!

Bakteri dan kumannya sendiri dapat bersembunyi di dalam botol itu sendiri, mulut botol, bahkan sela-sela tutup botol yang biasanya sering diabaikan untuk dicuci lagi oleh penggunanya. Situs Treadmill Reviews yang sudah menguji 12 botol air minum pun sampai menyatakan jika minum dari botol minum yang jarang dicuci bahkan lebih buruk dari makan di wadah makanan hewan peliharaan.

Tentu saja karena botol yang jarang dicuci sehabis digunakan membuat botol tersebut kotor dan lembab. Bakteri dan kuman sangat menyukai bersarang pada tempat yang lembab dan kotor seperti botol minum ini.

Ayo Biasakan untuk Rutin Mencuci Botol Minum Setiap Hari usai Dipakai!

Tidak sulit untuk mencuci botol minum kamu, jangan pernah malas untuk rutin membersihkannya. Cara pencucian botol minum sendiri tidaklah ribet, kamu hanya cukup cuci dengan sabun cuci piring lalu sikatlah dimulai dari dalam botol hingga mulut botol dan tutupnya. Gosok berkali-kali terutama pada bagian tutup botol dan mulutnya, lalu bilas hingga bersih.

Supaya hasilnya lebih bersih dan steril lagi, bisa mencucinya dengan air hangat atau cuka. Sesudah dicuci, jangan lupa untuk jemur botol minum di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Hal ini supaya mencegah botol dalam kondisi lembab karena bakteri dan kuman sangat suka tempat lembab.

Cucilah setiap hari sesudah kamu memakainya. Jangan biasakan untuk mengisi ulang botol habis pakai tanpa mencucinya, bahkan membiarkannya hingga berhari-hari, parahnya lagi sampai berminggu-minggu.

Selain itu akan lebih aman lagi bila kamu memiliki botol minum cadangan supaya kamu bisa menggunakannya secara bergantian sehingga peluang bakteri dan kuman bersarang dapat dinetralisir.

Bila kamu ada rencana membeli botol minum baru, peneliti sangat menyarankan untuk lebih memilih botol minum stainless steel dibandingkan yang berbahan plastic. Hindari juga botol minum yang terdapat celah kecil dalam jumlah banyak yang membuat mencucinya makin sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *