Cara Abadikan Momen yang Instagramable saat Berkunjung ke Tempat Wisata

Traveling selalu identik dengan kegiatan berfoto. Hampir setiap orang yang pergi berlibur selalu meluangkan waktu bahkan menyediakan waktu tersendiri untuk foto, baik selfie ataupun wefie.

Mengabadikan pemandangan yang sangat indah bersama potret diri dalam kamera adalah suatu kewajiban yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, kita tidak tahu apakah momen tersebut akan berulang di waktu yang akan datang atau tidak.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips mengambil foto yang bagus dan instagramable saat traveling biar tidak terkesan kuno seperti berikut.

Bereksperimen dengan Setting Camera

Banyak orang mengira bahwa gambar bagus diperoleh dari kualitas kamera yang mahal. Padahal, percuma saja kamera canggih jika tidak mengetahui cara menggunakannya. Alhasil, hasil jepretan malah menjadi apa adanya.

Apapun jenis kameranya, asalkan Anda paham setting-annya, hasilnya akan bagus pula. Jadi, cobalah untuk belajar berbagai pengaturan dalam kamera dan sesuaikan dengan apa yang akan di-capture.

Gunakan Lensa yang Sesuai

Tidak dipungkiri, jenis lensa berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan. Ditambah lagi, ada berbagai jenis lensa dengan aperture yang berbeda. Secara umum, lensa dengan aperture besar memiliki nilai jual yang tinggi.

Sebab, jenis kamera ini dapat mengambil foto jarak jauh dengan sangat jelas. Sangat cocok digunakan untuk memotret pemandangan yang luas.

Kondisi Tangan Stabil saat Memegang Kamera

Kebanyakan kamera saat ini telah dilengkapi dengan fitur canggih berupa image stabilizer. Akan tetapi, fitur tersebut tidak akan berfungsi optimal tanpa kestabilan tangan saat mengambil foto.

Jika memang terlalu berat saat memegang kamera DSLR, gunakan alat bantu berupa tripod atau tongsis untuk kamera HP.

Perhatikan Pencahayaan Sebelum Foto

Tips penting lain dalam berfoto adalah pencahayaan yang bagus. Hindari foto dengan posisi membelakangi cahaya karena akan menimbulkan backlight.

Sementara, jika Anda ingin mengambil foto pemandangan, maka waktu yang tepat adalah sebelum matahari terbit atau setelah matahari tenggelam. Hindari pencahayaan yang berlebih karena memengaruhi ketajaman dan kualitas foto.

Selain itu, cobalah untuk berkreasi dengan berbagai angle saat berfoto. Jangan lupa, bawa perlengkapan fotografi dalam tas kecil, seperti baterai cadangan, kartu memori, charger, hingga beragam pilihan lensa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *