Cara Basmi Rayap Tuntas Sampai Akarnya

Siapa yang tidak sebal jika rumahnya diserang rayap. Hewan kecil satu ini sangat menjengkelkan karena merusak barang-barang yang terbuat dari kayu seperti meja, kursi, lemari, pintu, kusen-kusen, bahkan tidak jarang merusak kerangka atap rumah seperti usuk dan range, alhasil perabot rumah menjadi rapuh dan tidak tahan lama.

Ada beberapa fakta mengenai rayap yang tidak banyak diketahui orang diantaranya :

1. Rayap makan selama 24 jam setiap hari, artinya rayap tidak pernah berhenti makan kayu.
2. Rayap memiliki rahang yang kuat dan tajam.
3. Ratu rayap mampu hidup selama 5-10 tahun.
4. Ratu rayap mampu menghasilkan 160.000 telur dalam setahun.
5. Setiap koloni rayap terdiri dari 95% rayap pekerja dan 5% sisanya merupakan rayap prajurit.
6. Rayap membangun terowongan sebagai akses jalan dari dalam tanah menuju daratan yang terbuat dari campuran lumpur, air liur, dan kotoran mereka.
7. Rayap menyukai tempat yang lembab dan gelap.

 

Memperbaiki pipa yang bocor

Rayap sangat suka dengan tempat lembab. Jika ada pipa yang bocor segeralah untuk memperbaikinya agar airnya tidak membasahi lantai dan mengundang koloni rayap untuk datang.

Sabun cair

Sabun dapat mengganggu sistem pernapasan rayap, jika rayap terus menerus menghirup sabun lama kelamaan rayap akan mati atau pindah tempat. Larutkan sabun cair dengan air secukupnya kemudian semprotkan pada permukaan perabot secara rutin seminggu 3x.

Larutan tembakau

Aroma tembakau yang kuat sangat tidak disukai rayap. Rendam tembakau ke dalam air bersih semalaman. Setelah itu semprotkan pada permukaan perabot yang dimakan rayap secara rutin seminggu 2x.

Membasmi rayap bukanlah hal yang sulit beberapa cara ada yang menggunakan bahan alami yang sangat mudah untuk dijumpai. Senantiasa menjaga kebersihan rumah dan pengaturan sirkulasi udara yang baik dapat menghindarkan rumah dari serangan rayap.

Itulah tadi sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *