Mempercepat Koneksi Internet Android yang Lemot

Salah satu hal yang menyebalkan dalam hidup adalah koneksi internet yang lemot, apalagi jika kita sedang membutuhka informasi dari web browser misalnya.

Contoh lainnya, ketika kita bermain game online pada android, kemudian koneksi menjadi lambat, aktivitas di dalam game juga menjadi lemot dan menyebabkan adanya eror atau biasa disebut ‘lag’. Benar-benar menyebalkan. Lalu bagaimana cara mempercepat koneksi internet android yang lemot?

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot di Android

1. Non-aktifkan Auto Sync dan Background Data

Auto Sync adalah sebuah fitur pada android yang berguna untuk mensinkronisasi gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan. Jika aplikasi nya tidak terlalu penting, saya menyarankan lebih baik auto sync nya dimatikan, jika dikira perlu, anda bisa melakukan pengaktifannya kembali.

Background data atau data latar belakang juga dapat menjadi penyebab mengapa koneksi internet android anda menjadi lemot. Untuk mematikan background data, anda bisa masuk ke pengaturan, kemudian pilih connection, kemudian pilih matikan atau batasi background data.

2. Blokir Iklan

Meskipun tidak terasa, iklan ternyata dapat menyedot hingga 50% kuota data anda loh. Hal ini tentu saja bisa menjadi penyebab mengapa koneksi internet android anda selalu lama/lemot.

Anda bisa mematikan iklan atau memblokir iklan dengan cara mendownload dan menginstall aplikasi Ad Blocker atau menggunakan aplikasi utilities lainnya.

3. Gunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Aplikasi ini cukup berguna bagi anda yang ingin mempercepat koneksi internet pada android. Namun, sayangnya untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda harus sudah melakukan root terlebih dahulu pada androidnya.

Tersedia beberapa fiture yang ditawarkan selain untuk mempercepat koneksi internet, diantaranya sebagai penghemat baterai, dan lain-lain.

4. Gunakan jaringan terbaik di lokasi anda

Jika lokasi anda sudah support sepenuhnya dengan teknologi 4G, beruntunglah anda karena pastinya kecepatan internet seharusny tidak terhambat lagi. Namun apabila di daerah anda teknologi 4G yang tersedia hanya setengah-setengah, lebih baik anda mengalihkan pengaturan koneksi menjadi jaringan 3G.

Hal tersebut bisa saja menjadi penyebab mengapa koneksi internet anda menjadi lemot dan hal tersebut juga dapat membuat daya baterai anda jadi cepat habis.

5. Bersihkan cache dan history

Bersihkan cache dan history pada browser anda. Mekipun hal ini terlihat spele, namun cache dan data history yang menumpuk lama kelamaan akan menjadi file sampah yang nantinya membuat koneksi internet pada smartphone android anda menjadi lemot.

Cara menghapus nya pun gampang, anda tinggal masuk ke settingan dalam web browser kemudian pilih untuk menghapus history dan cache.

6. Non-Aktifkan auto updates

Auto updates tanpa disadari akan memakan data yang cukup banyak, oleh karena itu sebaiknya anda mematikan auto updates pada google play store. Ketika terjadi update yang otomatis, secara otomatis juga kapasitas data yang digunakan oleh anda akan berebutan dengan data yang digunakan untuk mengupdate aplikasi.

7. Gunakan kartu internet terbaik

Tips yang ketujuh ini bisa dibilang sangat penting, karena ada banyak orang yang menganggap bahwa kecepatan koneksi internet android nya disebabkan oleh masalah dari android nya sendiri, namun kualitas kartu internet yang anda gunakan juga sangat penting.

Mungkin provider yang anda gunakan sedang gangguan, jangkauan sinyal nya tidak bagus, dan lain-lain. Jadi, pastikan untuk menggunakan provider kartu internet yang baik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *