Menangis Tanpa Alasan, Inilah Penyebabnya

Banyak alasan sederhana yang membuat seseorang menangis. Hal ini bisa terjadi karena menonton sebuah film, atau bahkan membaca sebuah novel hingga kehilangan orang yang tersayang.

Namun pernahkan anda menangis tanpa alasan yang jelas? Tentunya hal ini akan membingungkan bukan? Berikut penyebabnya.

Alasan Menangis

Mata memiliki bagian kelenjar yang berada di atas mata sendiri, kelenjar ini bernama kelenjar lakrimal. Kelenjar inilah yang bertugas untuk memproduksi air mata.

Bahkan setiap kali anda berkedip, nantinya air mata akan mengalir dari saluran yang menempel dengan kelenjar lakrimal ini.

Hal inilah yang membuat mata anda terkadang berair, dan melindungi dari benda asing yang akan masuk ke dalam mata seperti gas, debu atau bahkan asap. Tentunya dengan adanya kelenjar lakrimal ini, merupakan suatu hal yang baik.

Karena secara tidak langsung melindungi mata dari berbagai benda asing. Namun bagaimana jika tiba-tiba anda mengeluarkan air mata, atau ingin menangis secara tiba-tiba?

Penyebab Menangis Tiba-tiba

1. Depresi

Depresi merupakan salah satu penyebab, dimana anda terkadang menangis secara tiba-tiba. Dalam hal ini, depresi sendiri merupakan gangguan dimana seseorang yang mengalaminya akan merasa sedih. Bahkan bukan hanya sekali atau dua kali saja, penderitanya juga akan merasa sedih secara terus-menerus dan bahkan bertahan selama berminggu-minggu.

Seseorang yang mengalami depresi juga memiliki tanda-tanda, bahwa sesuatu yang sebelumnya dianggap sebagai hal yang menyenangkan akan berubah menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan dan membuatnya tidak tertarik lagi. Depresi juga menjadi salah satu penyebab, dimana seseorang menangis tanpa alasan.

Menangis yang berlebihan, memang kemungkinan besar dialami oleh orang-orang yang mengalami depresi ringan. Orang yang memiliki atau merasakan depresi yang berat, bahkan akan kesulitan dalam menangis dan mengekspresikan dirinya.

2. Gangguan Kecemasan

Pasti semua orang pernah mengalami bagaimana cemas, atau bahkan gugup. Dalam hal ini jika anda sering dalam merasa khawatir atau bahkan gugup yang berlebihan, maka dalam hal ini dapat menjadi tanda bahwa anda menderita kecemasan yang berlebih.

Menangis tanpa sebab, juga bisa disebabkan oleh kecemasan yang berlebihan.

Gejala yang dimiliki dari kecemasan sendiri adalah, biasanya meliputi dengan kegelisahan, cepat marah dalam segala hal, memiliki kekhawatiran yang berlebihan, sering merasa lelah, sulit fokus atau berkonsentrasi dan bahkan sulit tidur.

Jika anda kebetulan mengalami beberapa hal yang sudah disebutkan, kemungkinan anda menderita gangguan kecemasan yang berlebih terutama jika anda sering menangis tanpa mengetahui alasan yang jelas. Jika memang anda mengalami hal ini, menangis merupakan suatu hal yang wajar untuk dialami.

Namun perlu diingat, untuk tidak mencoba mengatasi hal ini sendirian. Kedua kondisi ini tentunya merupakan gangguan dari suasana hati, atau bajkan kondisi psikologis yang bisa memiliki dampak negatif untuk kehidupan yang anda miliki. Bahkan dapat membuat anda terkena penyakit fisik sangat lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *