Metode Fisioterapi Sesuai Kondisi Kesehatan

Untuk melakukan sesi fisioterapi, ada sejumlah metode yang biasa dilakukan oleh ahli fisioterapi atau dikenal dengan sebutan fisioterapis. Apa saja metodenya?

Manual

Yaitu dengan teknik pijat pada bagian tubuh yang sakit, fungsinya untuk membuat tubuh jadi lebih fleksibel, relaks, dan melancarkan kembali aliran darah.

Elektroterapi

Metode ini memanfaatkan daya listrik, yang akan melakukan stimulasi pada bagian tubuh. Cara kerjanya, dengan memberi sinyal listrik dengan alat bantu untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan kembali kemampuan bagian tubuh tersebut.

Gerakan

Pasien akan diminta melakukan gerakan pada bagian tubuh yang mengalami masalah, tentunya dengan pendampingan oleh fisioterapis. Gerakan ini, akan dilakukan secara berulang dan kontinu hingga kekuatan bagian tubuh bisa kembali pulih.

Hidroterapi

Metode dengan melakukan gerakan di dalam air, karena air bisa membantu proses pemulihan kondisi fisik pasien.

Okupasi

Metode yang dipakai untuk membantu kemandirian pasien dengan masalah kognitif, fisik, maupun sensorik. Contohnya adalah, untuk anak yang lambat berjalan dan bicara.

Edukasi

Metode ini dilakukan kepada pasien dengan berbagai masalah kesehatan. Biasanya akan diberikan saran tentang pola hidup sehat, agar gerakan tubuh terbaik untuk menjaga kemampuan semua bagian tubuh agar tetap optimal.

Ultrasound

Memanfaatkan gelombang suara pada frekuensi sangat tinggi, untuk stimulasi sel di dalam tubuh. Gunanya, untuk meredakan nyeri pada tubuh termasuk tegangnya syaraf dan otot.

Apakah Anda mengalami salah satu kondisi yang membutuhkan fisioterapi di atas? Segeralah mencari pertolongan dokter, agar kondisi kesehatan tidak bertambah parah. Jangan lupa untuk benar-benar paham kapan harus fisioterapi harus dilakukan, jika terlambat akan sangat merugikan kesehatan Anda untuk jangka panjang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *